Senin, 05 Desember 2011

SCANDAL MaMi~tasu!!

Anggota favorit gw dari Scandal, yaitu Mami! 
Sasazaki Mami (笹崎麻美)dikenal dengan panggilan Mami, Mami-tasu atau Tasupo. Lahir di prefektur Aichi, 21 Mei 1990. Golongan darah AB, tinggi badan 161 cm. Mami memegang posisi sebagai lead gitar, dan vokal latar. Selain itu, Mami juga bisa memainkan drum.
Yang gw sukai dari Mami, adalah pembawaannya yang ‘kalem’ dan ceria di luar panggung. Tapi, saat memegang gitar di panggung, dia bisa menjadi orang lain yang kalem, misterius. Tapi, sepertinya sekarang Mami lebih atraktif di atas panggung. Gw lebih suka seperti itu.
Permainan gitar yang menarik, dan konsistensinya dalam memainkan peran sebagai vokal latar untuk Haruna, patut diacungi jempol. Tidak mudah untuk memainkan gitar melodi sambil bernyanyi di nada yang berbeda dengan vokal utama.. Sekarang gw pengen nampilin beberapa gitar milik Mami-tasu yang gw dapet dari web Jepangnya.
 Ini dia!..Gitar kepunyaan Mami dari sejak masih belajar ampe yang sekarang dipakai :

BUSKER'S / BSE (PastelPink)
Fender USA / 60th Anniversary American Stratocaster 
    (Putih+Stiker,namanya Yuuya-Kun)
Gibson / Les Paul Special Double Cutaway (Putih)
Fender USA / American Standard Stratocaster HSS (Hitam)
Fender USA/American Standard Stratocaster HSS “MAMI MODEL” 
   (Hitam+PaintBrush)
Squier by Fender / Affinity Series, Bronco Bass (Torino Red)
Gretsch / White Falcon Double Cutaway, G6136DC (Putih)


BUSKER'S / BSE (PPK-Pastel Pink)

Busker’s adalah merek asli alat musik Shimamura yang bertipe Strat dengan harga murah. Warna adanya 6 jenis. Harganya 9800 yen. Gitar ini didistribusikan dengan satu set panduan bagi pemula. Mami juga membeli gitar ini beserta panduan tersebut. “Aku membelinya karena setelah aku pikir, warna pink lucu juga sepertinya”, tutur Mami. Gitar BSE Mami yang pink ini adalah gitar model lama. Model terbarunya adalah BSE MC yang warna bodi dan headnya sama (matching head).  Speknya pun berubah. (yang terbaru adalah yg di thn 2010). Gitar ini pun memicu semangatnya dan dibawa juga saat latihan di SMA. Sampai-sampai ia dimarahi karena keasyikan memainkannya di saat pelajaran di kelas..^_^

Fender USA / 60th Anniversary American Stratocaster  
(Putih)- Japan Limited Model
Mami mendapat gitar ini Januari 2007. Ia pun memamerkan kondisi gitar baru ini di blog.
Fender memproduksi gitar ini untuk memperingati ultah Fender yg ke 60. Gitar ini adalah 60th Anniversary Model Strat. Gitar yang diproduksi secara terbatas pada tahun 2006 ini memakai pickup American Series 57 Vintage. Harganya 220.500 yen (plus pajak).
Btw, Aimi dari Stereopony memakai Fender Telecaster model 60th Anniversary.
Meski gitar ini berat, tapi mudah untuk dituning. Gitar ini ditempeli banyak stiker oleh Mami. Ini menjadikannya gitar yg unik dan diwarnai dengan cita rasa gadis remaja zaman sekarang. Lama kelamaan gitar ini penuh dengan stiker. Juni 2009, gitar ini terakhir kali ditempeli dengan stiker Pipo-kun.
Gitar ini terus dipakainya sejak era Shiroten sampai akhirnya keluarlah HSS Strat yang kemudian menjadi ciri khas Mami.Gitar ini dinamai Yuuya-kun, yang juga merupakan nama abangnya. ‘ Ini membuatku merasa nyaman karena disayangi terus oleh saudaraku’, tuturnya.


Tanpa pickguard
Gibson / Les Paul Special Double Cutaway  (Putih)
   Dengan pickguard

Gitar ini mulai dipakai sejak Agustus 2008. Januari 2009, Mami mencopot pickguard-nya.
Gitar ini digunakan sejak debut mereka di major label pada Agustus 2008. Sound gitar ini terdengar begitu impresif di intro lagu ‘Doll’, dan kita bisa melihat penampakannya di videoklipnya. Meski foto gitar ini nongol di CD Shoujo S, tapi di klipnya malah gak muncul sama sekali. Di vidklip Shoujo S, malah Yuuya-kun yang dipakai.
Sepertinya ketiga personil Scandal pemegang alat musik petik ini saat itu sudah di­endorse oleh Fender, dan karenanya gak bisa pakai Gibson.^^..

Fender USA / American Standard  Stratocaster HSS (Hitam)
Gitar ini dipakai sejak November 2009. Spek Strat ini terdiri dari maple fingerboard, satu humbucker+dua singel koil. Harganya 189000 yen. Dengan rear pickup-nya yang humbucker, gitar ini bagus untuk menghasilkan suara distorsi. Sesuai sekali dengan karakter lagu-lagu Scandal.
Saat latihan dengan giat untuk acara Christmas Live, adalah saat-saat yang melelahkan baginya untuk berlatih keras agar kemampuannya semakin meningkat (baca disini). Hingga tibalah saat ia memperkenalkan gitar ini dengan memainkan salah satu lead solo gitar yang kurang begitu dikuasainya. Di saat live­-nya, tremolo pun dipasang. Setelah itu, dibuatlah gitar sejenis yang telah dicat (HSS paint version) yg waktu itu dipakai sebagai gitar cadangan sewaktu konser. Gitar HSS hitam ini pernah ditampilkan di CD Shunkan Sentimental.

Fender USA / American Standard  Stratocaster HSS “Mami Model” (Hitam+Paint Brush)

Maret 2010, Mami selesai mengerjakan desain paintbrush model gitar ini dengan menggunakan Photoshop. Seperti es krim yang meleleh, kata Mami. Mami sepertinya terinspirasi oleh painted gitar­-nya Takuya, gitaris Judy&Mary. Btw, Mami ini lulusan kursus desain komersial sewaktu ia masih SMA.
Untuk pengecatannya sendiri dikerjakan secara profesional oleh Radical Brats Design.
Berdasarkan desainnya, pickguard, pickup, dan controller pun dirubah catnya dengan warna hitam. Dengan fret yang direndahkan, gitar jadi mudah untuk dimainkan. Strat yang dilengkapi humbucker untuk mempertebal tone yang rendah ini, akhirnya menjadi gitar utama Mami. Tidak perlu khawatir dengan fingerboard dari kayu maple. Ini pilihan yang serasi dengan humbucker yang akan lebih baik dalam menghasilkan suara.
Dengan perubahan besar pada gitar ini, model ini dikenal dengan nama ‘Mami Model’yang kemudian jadi ciri khas band mereka. Nomura Yoshio yang sudah dikenal orang sebagai kolektor gitar spesial, dalam sebuah acaranya mengatakan bahwa ia pun menginginkan desain gitar ini.

Gretsch / White Falcon Double Cutaway, G6136DC (Putih)
Agustus 2010, Mami membeli White Falcon. Gretsch model 1962 ini disebut-sebut sebagai gitar paling indah sedunia, dan pada tahun 2010 model ini kembali diproduksi. Sama seperti Cadillac, Gretsch ini memiliki nilai kebanggaan Amerika yang terkenal dengan desain klasiknya yg indah. Gretsch adalah merek gitar mewah yang bahkan mendapat dukungan secara konvensional dari artist R&R. Ini karena  citra mewahnya yang disamakan dengan desain mobil Cadillac.

Pada tahun 2003 Gretsch berada di bawah naungan cabang perusahaan Fender.

Bila dilihat sekilas, suara dan tampilannya memang tidak cocok dengan kebutuhan Scandal tapi lebih condong menjadi barang koleksi pribadi saja. Tapi, Gretsch ini dipakai di saat live karena banyak lagu yang tidak bisa diperkaya warnanya hanya dengan memakai Strat saja.

Gitar Gretsch ini menjadi favorit karena karakter dan levelnya yang tinggi dan bersinar, juga sound distorsinya yang kuat bertenaga. Bahkan sampai ada anggapan, Mami akan merasa gugup jika gitar ini tidak berada di tangannya.

Batasan antara kemewahannya yang terhias indah dengan uang dan keterikatannya inilah yang sepertinya menyentil orientasi Mami sebagai orang Nagoya. Setelah beberapa kali ke toko alat musik dan mencoba memainkannya, meski merasa ragu akhirnya Mami membelinya juga. Harganya 509.250 yen. “Inilah benda yang paling mahal yg pernah kubeli seumur hidup”, kata Mami.

Januari 2011, Ketika berumur 20 tahun dan menjalani upacara kedewasaan, Mami difoto dengan memakai kimono berlengan panjang dan menyandang gitar Gretsch yang sangat disayanginya ini.Di perayaan ini Mami merasakan spirit sebagai satu-satunya orang di Nagoya yang memilikinya. Gitar yang memiliki ciri khas elegan dan formal ini pun serasi dengan kimono.
Februari 2011, Mami menambahkan gambar di lambang Gretsch yang berupa elang putih ini menjadi elang putih yang sedang mencengkeram ikan. Apa cukup ini saja sentuhan akhirnya? Untuk sesaat, Mami bahkan merasakan spirit untuk menambahkan mata Daruma (boneka bulat khas Jepang) di gambar elang putih ini. Tapi, setelah ia memperlihatkannya ke orang lain, mereka seperti berkata, “Kamu gila ya?”.^_^’. Untuk lengkapnya lihat disini.
 
Italian Maranello Speedster II (Biru)
Dari 19 lagu yang dibawakan saat konser final Dreamer Tour 2011 di Zepp Tokyo, 14 lagu diantaranya dibawakan dengan memakai HSS Strat 'Mami Model'. Tiga lagu dibawakan dengan memakai Maranello Speedster, yaitu 'Hoshi No Furu Yoru Ni', 'Want You' dan Satisfaction. Gitar ini berbodi alder dengan humbucker dobel (Wilkinson WVC Humbucker), neck dari kayu maple dan fingerboard dari kayu rosewood. Gitar ini juga memiliki strip racing dan sedikit berdesain retro. Mengingatkan kita akan mobil balap Italia yang antik. Namanya: John. Harga £529, dalam  yen sekitar 73. 500 yen.
(makasih bwt agan naksx dari SH untuk linknya!)

American Vintage '62 Fender Jazzmaster
Gitar ini nongol di acara AniUta di Kitakyushu (Februari 2011), saat mereka membawakan lagu 'Pride'. Sebenarnya gak tau lebih tepatnya yang mana model gitar yang dipakai Mami ini. 
Secara umum, gitar ini adalah American Vintage '62 Fender Jazzmaster. 
Warnanya sendiri yaitu sunburst triwarna. Dengan fingerboard dari rosewood, tremolonya floating/locking dan floating bridge. Harga di situsnya, USD 2.399,99. Tapi, ada juga dua model yang mirip dengan gitar ini. Masing-masing berharga 283.500 yen & 168.000 yen. 
 

Efek dll. kepunyaan Mami:
BOSS / TU-2  (Chromatic Tuner)
BOSS / DD-3 (Digital Delay)
BOSS / OC-3 (Octaver)
CARL MARTIN / HYDRA BOOST (Booster)
Electro Harmonix / Little Big Muff (Phaser/Distortion)
Fulltone / FULL DRIVE 2 MOSFET (OverDrive/Gain Booster)
Providence / PEC-2(Effect Controller)
JIM DUNLOP / TORTEX Standard 0.73mm Teardrop 

(Guitar Pick)
Marshall / JCM2000 DSL100 (Guitar Amphead)
Marshall / 1960A (Speaker Cabinet)
 
Sedikit hal tentang Mami :
#Sejak SMP kelas 1, ia mulai belajar gitar sejak disarankan oleh gurunya di sekolah dansa yang ia ikuti. Sebelumnya ia tertarik pada gitar ketika melihat penampilan live band dimana abangnya,Yuuya, bermain drum. Setelah sedikit menguasai gitar akustik, lagu pertama yang ia mainkan adalah Good-bye Days-nya Yui.
#Ibunya juga menyukai musik, dan ia merupakan keyboardist di band-nya.
#Di band, ia ingin bermain gitar dan menjadi vokalis yang atraktif.  Ia pun memilih gitar yang mencolok karena ingin kelihatan keren.
#Setelah berduet dengan temannya dan memainkan lagu I Wish di pentas perpisahan kelas 3, tak lama kemudian ia mulai terkenal di sekolahnya.
#Di SMA, ia bergabung dengan klub musik, dan bermain drum dengan seniornya di band. Mereka kebanyakan memainkan lagu-lagu punk, Hatsune Miku, Pretty Cure, dan Elle Garden. Ada juga lagu-lagu ciptaan sendiri, dimana Mami ikut memberikan sentuhan karakternya ketika lagu-lagu ini dimainkan secara live.Band ini memperoleh sambutan yang meriah ketika manggung di acara perpisahan kelas 3.
#Ia menjalani kehidupan SMA yang keras, dengan bekerja paruh waktu di Yoshino, bermain band di klub dan ini ia lakukan sambil belajar bersama Scandal.
#Mami ahli dalam PC, dan memegang level 1 untuk penguasaan word processor.
#Cara Mami belajar kebanyakan dengan mengklik berbagai website yang ada di internet.
#Mami sering main/jalan bareng dengan Shiho dari Stereopony.
Shiho,Stereopony

Artis dan Musik Favorit:
Elle Garden, The Hiatus, Sum41, I Wish, B’z, J, 9mm, Mayu, Aiko, The Strokes, Hatsune Miku, K-On, DMC (Detroit Metal City), Anison, band beraliran emo, Morning Musume, Shoko Nakagawa, Michishige Sayumi, Abe Mao, Smileage, Momoiro Clover, Gitaris idola: Takuya dari Judy & Mary.
CD pertama yang dibeli: Aiko – Kabuto Mushi
sumber: 
http://scandal4gear.web.fc2.com/mami
http://j-popworld.com/
http://ameblo.jp/su2009/
 http://www.prlog.org/11605581-four-stunning-new-models-from-italia-guitars.htm
 http://www.fender.com/products/search.php?partno=0100800806
 http://www.jphip.com
 http://www.espguitars.co.jp/italia/maranello_speedster.html

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar