Rabu, 23 Maret 2011

Them Crooked Vultures, supergroup?

Gw termasuk orang yg sedikit telat soal musik. Sekalipun ada band yg lg ngetop, tetap aja pilihan gw band jadul. Kali ini juga gw baru tau ada band baru yang tergolong keren (kata gw..). Namanya Them Crooked Vultures (TCV), band ini terbentuk tahun 2009. Personilnya Dave Grohl (drums,perkusi, vokal latar)-eks Nirvana dan sekarang frontman Foo Fighters, Joshua Homme (gitar, lead, vokal )-personil utama Queens Of The Stone Age (QOTSA), dan John Paul Jones (bass, piano, mandolin, violin, vokal latar) eks bassist band pelopor heavy metal sepanjang masa, Led Zeppelin.
Mereka baru menghasilkan satu album self-title tahun 2009, dan sekarang di tahun 2011 ini masih dalam tahap pengerjaan materi album baru. Setelah gw dapetin album mereka ini, ternyata musik mereka cukup progresif. Dengan beat drum yang agak nyeleneh, gitar dengan progresi kord yang unik, dan bassline yg cukup nendang, mereka mampu menyuguhkan musik yang benar-benar baru. Tapi, tidak terjebak dengan musik di band mereka sebelumnya. Mungkin dari segi lirik, masih terjebak dengan tipikal rock-stuff-lyrics (drugs, sex, badass things). Jangan berharap lebih, tapi kita juga gak bakalan kecewa dengan album ini..

Buat yang kangen dengan permainan drum Dave Grohl, di album TCV ini benar-benar menampilkan beat-beat yang asik. Meski sudah cukup lama bermain gitar di Foo Fighters, tapi skill drum Dave makin meningkat. John Paul Jones tetap dengan gaya khasnya, kalem dan groovy- meski old crack tapi masih catchy. Gw kurang begitu akrab dengan QOTSA, tapi jatuh cinta dengan salah satu lagunya, No One Knows-psychedelic rock bangedh..dulu taunya malah Nick Oliveri doang, eh ternyata Joshua Homme-lah dedengkotnya. Gitarannya di album ini buat gw, benar-benar fresh. Rhytm line dengan kord progresif dan melodi yg hmmm…

Mungkin ini beda dengan supergroup-nya mas Joe Satriani, Sammy Hagar, Chad Smith ma Michael Anthony yang rock n’roll abis, benar-benar fun project. TCV adalah band yang cukup serius (kalo diliat dari musiknya,ya..). Tapi, kembali juga ke selera masing-masing. FYI, TCV berhasil menyabet Grammy 2011 untuk Best Hard Rock Performance dengan lagunya New Fang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar