Sabtu, 10 Desember 2011

深夜食堂 (Shinya Shokudo)


深夜食堂(Shinya Shokudou), sebuah dorama Jepang tengah malam yang menarik yang berdasarkan sebuah manga berjudul sama. Dengan setting yang tidak ribet, cukup menitikberatkan pada sebuah kedai makan yang hanya buka dari malam hari hingga pagi. Pengunjungnya kebanyakan orang-orang yang baru pulang kerja, atau pengen mampir dulu sebelum pulang setelah semalaman bersenang-senang. Menu disini tidak banyak, tapi pemilik kedai yang biasa dipanggil Master (Kaoru Kobayashi) bisa menyediakan makanan yang diminta secara khusus oleh pengunjung kedainya. Makanan yang disajikan biasanya makanan yang sederhana dan tidak rumit penyajiannya. Untuk yang suka makanan, dorama ini mengenalkan makanan Jepang yang sederhana yang bisa kita buat sendiri. Di akhir acara, tokoh ceritanya mengenalkan cara membuat masakan yang menjadi tema cerita. 

深夜食堂(Shinya Shokudõ), an interesting late night Japanese dorama based on the manga with the same title. With a simple settings, centered on a diner that opens only at late night until early morning. Mostly the customers are peoples on their way home from work or peoples who just passing by after having fun through the night. The menu are limited, but Master (Kaoru Kobayashi) could serve customers requested food. Most of the food served are simple dish with simple serving. To those who love culinary things, this dorama introduce you to simple Japanese foods that we could prepare by ourselves. In the end of the show, the cast usually show us how to make the dishes that became the theme on the episode. 

Sang tokoh utama, Master lebih banyak bermain dengan gesturnya. Mesk begitu, ia juga banyak memberikan nasihat yang bernas pada pengunjung kedainya. Pemilik kedai ini sangat disukai oleh tamu-tamunya. Ada yang suka karena dia tidak banyak bicara, ada juga yang suka karena kadang Master memberi perhatian lebih terhadap masalah para pengunjung kedainya. Perhatian itu bisa berupa nasihat, atau kadang dengan menyajikan makanan spesial untuk pengunjung kedainya. 

The main cast, Master play his gestures a lot rather than talkative type cast. Though, sometimes he gave good advice to his regular customer. His regulars like him a lot. Some of them like him cause he doesn’t talk much, some of them also like him cause sometimes Master gave them more attention to their problems. Sometimes he gave them advices or serve some special dishes to his regulars.

Para pengunjung kedai ini macam-macam, ada yang karyawan, penyanyi enka, musisi jalanan, polisi, kritikus makanan yang doyan butter rice (nasi mentega) sampai ke aktor film dewasa, stripper, pelacur bahkan hantu!(^_^) Makanan sederhana yang disajikan semakin menguatkan tema yang dibawanya. Masakannya antara lain butter rice, salad kentang, ochazuke, tamagoyaki, katsudon, kara age, nikogori, tuna mayo sampai yakisoba. 

His customers are various, from salaryman, enka singers, street musician, police, food critics who loves butter rice, to adult movie actor, stripper, hooker, and even ghost!^_^. The simple dishes that served emphasize a lot to the theme that this dorama brought.  Some of the dishes are butter rice, potato salad, ochazuke, tamagoyaki, katsudon, kara age, nikogori, tuna mayo to yakisoba. 

Dorama ini pertama kali diputar tahun 2009 dari Oktober sampai Desember, dan sekarang di musim keduanya, drama ini diputar dari 9 October 2011 dan masih diputar sampai sekarang. Di musim kedua ini, cara penyajian masakan di akhir acara dibawakan dengan cara dinyanyikan oleh seorang penyanyi balada wanita. Sederhana tapi inspiratif. Layak untuk ditonton. ^_^v..

The first season of this dorama released from October until December 2009. And the second season is released on October 2011 until now. On this second season, the serving suggestion at the end of the show is brought by a female ballad singer. She sang the serving suggestion. This dorama is simple but inspired us. A worth drama to watch.  ^_^v..

Sumber/Source:                                                       
Thanks for tosh (doramax264.com) who’s letting me share this dorama..ありがとう!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar